KEHATI Award Apresiasi Pejuang Lingkungan (beritasatu.com)

[JAKARTA] Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) akan mengelar Kehati Award sebagai bentuk upaya mendorong pelestarian keanekaragaman hayati (Kehati) di Indonesia.

Rencananya, sejumlah nominasi peraih KEHATI Award ke VIII akan diumumkan, Rabu (28/1) mendatang di Jakarta. Nominasi-nominasi tersebut adalah pejuang-pejuang lingkungan yang berkontribusi besar dalam pelestarian lingkungan dan kehati.

Kehati Award VIII tahun 2015 ini mengangkat tema keanekaragaman hayati untuk kesejahteraan bangsa.

 

Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI MS Sembiring mengatakan kehati memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Kekayaan yang menjadi potensi besar Indonesia tersebut menyimpan beragam sumber pangan, sumber energi alternatif, sumber obat-obatan alami. Jika dijaga dengan baik maka akan ikut menjaga ketersediaan air.

Ia menambahkan melalui Kehati Award VIII, Yayasan KEHATI mengingatkan kembali setiap elemen masyarakat untuk memberikan perhatian pada keberlanjutan kehati di Indonesia. Hilangnya kehati karena kesalahan pengelolaan justru akan merugikan masyarakat di sekitarnya.

"Semoga dengan adanya KEHATI Award masyarakat bisa menjadi bagian dalam pelestarian kehati," ucapnya.

Salah satu potret penerima award KEHATI tahun 2012 adalah Maria Loretha. Perempuan ini mengembangkan pangan lokal asli Adonara, Nusa Tenggara Timur sejak tahun 2007.

MS Sembiring mengungkapkan Adonara, sebuah desa yang jauh dari pusat pemerintahan dan kurang memiliki akses terhadap informasi. Namun Maria tetap berusaha untuk memberdayakan pangan lokal. Hal ini membuat desanya tidak bergantung pada beras dan mampu menghadapi perubahan iklim.

"Kerja keras pahlawan lingkungan ini mampu memberikan inspirasi," ujarnya.

sumber: http://sp.beritasatu.com/home/kehati-award-apresiasi-pejuang-lingkungan/75547

Didukung Oleh