Kesemat Raih Kehati Award (suaramerdeka.com)

SEMARANG – Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (Kesemat) meraih penghargaan Tunas Lestari Kehati dalam Kehati Award VIII.

Unit kegiatan mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip, itu dinilai berkontribusi menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia di masa yang akan datang. Penghargaan diberikan di Jakarta minggu lalu.

Presiden Kesemat, Fahmi Abdullah Basyari, kemarin, bersyukur atas pemberian penghargaan itu.

Dia mengatakan, Kesemat biasa bekerja di Pantai Semarang. Meski begitu, pihaknya juga terkadang beraktivitas di lokasi lain. Sebagai sebuah UKM, apa yang dilakukan Kesemat lebih dari yang dibayangkan.

 

Mereka berhasil mendirikan CV Kemangi yang menjual produk-produk industri kreatif berbahan mangrove, mendirikan Yayasan Ikatan Alumni Kesemat (Ikamat), dan menggalang sukarelawan melalui Kesemat Mangrove Volunteer (Kemangteer) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Penghargaan Tertinggi

Penghargaan dari Yayasan Kehati itu bukan yang pertama diterima mereka. Sebelumnya, kelompok tersebut sering menerima penghargaan dari berbagai pihak.

Kehati Award adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Yayasan Kehati kepada perorangan atau kelompok yang telah mampu melakukan pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati. Penghargaan tersebut dimulai sejak 2000 dan tahun ini adalah pelaksanaan yang kedelapan.

Selama kurun waktu 2003-2012, Kesemat telah menanam kurang lebih 100.000 bibit mangrove di berbagai pesisir Pantai Jawa. Salah satunya, mereka berhasil menghijaukan kembali kurang lebih satu hektare lahan mangrove gundul di pesisir pantai Desa Teluk Awur, Jepara.

Di Semarang, bersama dengan mitra kerjanya, mereka terus bekerja membenahi ekosistem mangrove berikut masyarakat pesisir, di antaranya di kawasan Tambaklorok, Trimulyo, Tapak, Mangunharjo, dan Mangkang Wetan yang memang mengalami degradasi lahan dan abrasi yang sangat tinggi.

sumber: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/kesemat-raih-kehati-award/

Didukung Oleh